| GUNAKAN SKIN YANG SEDERHANA. | <div style='background-color: none transparent;'> <a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'> News Widget </a> </div> | Selamat datang, Ahlan wa sahlan... semoga informasi yang ada di blog sederhana ini bermanfaat dan membawa berkah. Amin. Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda tidak bosan...

Trending Topic

class="tr_bq">

Manfaat Positif Petasan


Saya masih mempunyai tanda tanya sangat besar, kenapa sih orang-orang suka sama petasan? Padahal mubadzir kan ya? Coba kita renungkan, sebuah petasan itu kan dibeli pake duit, kalo toh memang bikin sendiri, bahan-bahannya juga belinya pake duit. Setelah jadi, petasannya dinyalain trus meledak, ancur lebur. Berarti secara tidak langsung, kita juga udah buang sia-sia duit donk.

Suatu ketika saya pernah nanya ke temen yang suka main petasan. A = Aku, X = Temenku.


A = Kenapa sih suka main petasan?
X =  Seneng aja ma bunyinya..
A = Ah, katanya seneng tapi pas dinyalain kamunya tutup kuping, mana bisa denger?
X = Ya setidaknya kan asik bikin bunyi ledakan gitu.. menggelegarrr
A = Kalo gitu mah suara petasannya direkam aja pake HP, ntar diputer aja berkali-kali...
X = Ya ga asik, kurang mantab suaranya...
A = Biar manteb, sambungin aja ke speaker masjid, kan sekampung jadi denger semuanya tuh.. haha...
X = Semprul...

Kesimpulannya apa sih? Saya juga ga tahu.. haha.. yang pasti ga ada manfaat positifnya lah. Justru dengan membunyikan petasan, secara tidak langsung kita udah, membuang uang dengan percuma, alias mubadzir. Tau artinya apa? Orang yang mubadzir itu adalah temannya setan. Padahal, banyak sodara-sodara kita yang sangat membutuhkan uang, walaupun itu hanya beberapa perak saja, tapi bagi mereka, uang itu sangat besar nilainya. Pikir donk!!


Lagian petasan itu merugikan banyak orang, diantaranya adalah orang yang jantungan. Coba seandainya saat kamu atau keluarga kamu jantungan, terus ada yang nyalain petasan, bagaimana perasaan kalian? Jengkel? Nah itu dia yang dirasakan orang lain juga, sewaktu kita membunyikan petasan. Sudah gitu, kertas hasil ledakan petasan juga mengotori jalanan atau halaman rumah orang. Dan yang lebih berbahanya lagi, jika petasannya meledak di saat yang tidak kita inginkan, mungkin sewaktu kita nyalain, petasannya masih di tangan alias belum sempet dilemparin. atau pada saat ngeracin petasan, eh ternyata petasannya meleduk, dan biasanya kalo udah gitu bakalan ada yang menjadi korban, baik nyawa ataupun rumah yang hancur dan terbakar.

Foto kebakaran di daerah Makasar yang diakibatkan petasan.

So, saya mo tanya, manfaat positif petasn itu apa? kalo memang tidak ada manfaat positifnya, gimana sob?? Pikir baik-baik ya... 

No comments :