| GUNAKAN SKIN YANG SEDERHANA. | <div style='background-color: none transparent;'> <a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'> News Widget </a> </div> | Selamat datang, Ahlan wa sahlan... semoga informasi yang ada di blog sederhana ini bermanfaat dan membawa berkah. Amin. Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda tidak bosan...

Trending Topic

class="tr_bq">

Cara Mengecek Blog Dofollow atau Nofollow di Berbagai Browser


Jika anda mencari informasi tentang tips meningkatkan pagerank blog biasanya salah satu tips yang disarankan adalah berkomentar di blog dofollow. Memang benar berkomentar di blog dofollow bisa meningkatkan google pagerank karena blog dofollow adalah blog yang telah menghilangkan atau melepaskan atribut nofollow dari form komentarnya sehingga jika ada pemilik blog yang meninggalkan komentar di blog tersebut, maka ia akan mendapat backlink dari empunya blog dengan catatan si pemilik blog harus berkomentar sebagai name/URL atau mencantumkan link blognya disana.

Bagi anda yang belum tahu apa itu Nofollow? Nofollow adalah atribut HTML yang berfungsi untuk memberi perintah kepada search engine untuk tidak menelusuri suatu link pada halaman blog sehingga google search engine tidak akan menganggap link tersebut sebagai backlink. Cara ini dibuat pertama kali oleh Matt cutts dan Jason Shellen pada tahun 2005 untuk mencegah pemilik blog melakukan spam dengan berkommentar sebanyak-banyaknya di blog ber PR tinggi.


Contoh kode link nofollow:


<a href="http://www.contoh.com/" rel="nofollow">bogger tips ntutorial</a>
Secara default, blog blogspot menggunakan sistem nofollow pada form komentarnya. Namun tidak sedikit pula blogger yang menerapkan sistem dofollow dalam comment formnya.

Untuk menemukan blog-blog mana saja yang menggunakan sistem dofollow, anda bisa googling dengan kata kunci 'dofollow blog list' atau 'daftar blog dofollow'. Ada banyak situs yang membuat daftar blog dofollow di situsnya.

Nah sekarang pertanyaannya adalah apakah blog tersebut masih menganut sistem dofollow? Sebab tidak sedikit blog yang awalnya memang bersifat dofollow tapi sekarang sudah tidak lagi. Untuk mengetahuinya, gunakan cara berikut:

Browser Firefox
Ada 2 cara yang bisa digunakan:

1. Melihat properties linknya
Ini adalah cara klasik yang sering digunakan blogger atau webmaster untuk mengecek status link. Caranya, klik kanan pada link yang berada pada kolom komentar lalu pilih Properties jika muncul tulisan relation: nofollow berarti blog tersebut bersifat nofollow.



2. Menggunakan addons Firefox
Ada banyak addons Firefox yang mampu mendeteksi link nofollow, salah satunya adalah SearchStatus. Dengan addons ini anda bisa melihat apakah suatu link dofollow atau nofollow dalam waktu yang bersamaan. sehingga lebih cepat. Anda bisa instal addonsnya disini. Setelah instal, aktifkan fitur pendeteksi nofollow dengan cara klik kanan pada logo SearchStatus yang terletak dipojok kanan bawah layar lalu pilih Highlight Nofollow Links. (Jika anda ingin menonaktifkan fitur ini cukup hilangkan centang pada 'Highlight Nofollow Links').


Jika link dihighlight merah berarti blog tersebut bersifat nofollow.



Browser Google Chrome
Instal Chrome SEO disini. Setelah itu, aktifkan fitur pendeteksi nofollow dengan cara klik logo Chrome SEO yang terletak di pojok kanan atas. kemudian tunggu beberapa saat hingga menu Chrome SEO muncul selanjutnya klik link Show Nofollow.



Browser IE
Untuk pengguna IE, caranya cukup mudah anda tinggal copas kode dibawah ini keaddress bar pada halaman dimana anda ingin melakukan pengecekan.

javascript: var anchors;anchors = document.getElementsByTagName("a");var anchorIndex;for(anchorIndex = 0;anchorIndex < anchors.length;anchorIndex++) { if(anchors[anchorIndex].getAttribute("rel") && anchors[anchorIndex].getAttribute("rel")=="nofollow") anchors[anchorIndex].style.backgroundColor="red";} void(0);

Jika blog tersebut bersifat nofollow maka link akan dihighlight merah seperti gambar berikut.



Browser Safari
Caranya hampir sama dengan browser IE yaitu tinggal copas kode ke address barpada halaman dimana anda ingin melakukan pengecekan.

javascript:var%20a=document.getElementsByTagName('a');for(var%20z=0;z%3Ca.length;%20z++){if(a[z].rel==’nofollow’){a[z].style.border=’1px%20solid%20%23F00';}}

Semoga bermanfaat..!


No comments :