| GUNAKAN SKIN YANG SEDERHANA. | <div style='background-color: none transparent;'> <a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'> News Widget </a> </div> | Selamat datang, Ahlan wa sahlan... semoga informasi yang ada di blog sederhana ini bermanfaat dan membawa berkah. Amin. Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda tidak bosan...

Trending Topic

class="tr_bq">

Sendok Teh versus Sendok makan?



Dalam memberikan obat dalam bentuk sirup per oral, sering dokter menulis dalam resepnya:
**Signa 3 d.d 1 cth atau Signa 3 d.d 1 C**
, yang kurang lebih berarti ,” berikan 3 kali satu hari 1 sendok teh(cth)” atau ” berikan 3 kali satu hari 1 sendok makan”. Notasi ini telah ada sejak berratus tahun lamanya dan telah memudahkan komunikasi antara dokter dan farmasi.
Mari kita merenungi sejenak, baik kita (terutama)sebagai dokter maupun sebagai konsumen. Katakanlah kita (dokter) akan memberikan amoksisilin sirup yang ada di pasaran dengan dosis 125 mg/5 mL,sedangkan pasien kita memiliki berat 10 kg. Maka perhitungannya adalah :

– Dosis amoksisilin: 15 mg/KgBB/kali
– Dosis yang harus diberikan : 150 mg/kali
kemudian kita memberikan resep sebagai berikut:
– Amoksisilin syr fl I(dengan catatan 125mg/5mL)
*S 3 dd 1,5 cth
Pertanyaannya, apakah kira2 notasi ini sudah cukup?
Saya berpikir sejenak, notasi cth(sendok teh) dalam bayangan saya adalah sendok teh yang biasanya saya temui di warung-warung yang menjual es teh/es jeruk. Dan mayoritas orang jika ditanya yang mana kah sendok teh? maka jawabannya adalah sendok yang saya maksud di atas. Nah, apakah anda sekalian berpikiran yang sama? jika sama, maka tetunya dosis yang diinginkan tidak tercapai!
Cochlear tea adalah notasi bahasa latin yang dibawa oleh orang-orang Eropa ke indonesia. Dan karena postur anatominya yang berbeda(lebih besar), tentu saja orang-orang Eropa mempunyai standar takaran yang disesuaikan dengan anatomi mereka. Salah satunya adalah sendok teh itu. Percaya gak percaya, sendok teh yang dimaksud bagi orang-orang Eropa adalah sendok makan kita! Coba bandingkan antara sendok obat yang ada di bungkus sirup obat pada anak-anak dan sendok makan kita. Jika diisi penuh, maka isinya sama dengan sendok makan kita, persis 5 cc!
Jadi, lain kali, jika ingin memberikan obat yang ternyata tidak disertai sendok obat khusus dalam kemasannya, pastikan untuk menulis C(cochlear) bukannya cth(cochlear tea)! [Sumber]

No comments :