| GUNAKAN SKIN YANG SEDERHANA. | <div style='background-color: none transparent;'> <a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'> News Widget </a> </div> | Selamat datang, Ahlan wa sahlan... semoga informasi yang ada di blog sederhana ini bermanfaat dan membawa berkah. Amin. Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda tidak bosan...

Trending Topic

class="tr_bq">

Mengulangi Download di Komptuter yang Berbeda Menggunakan IDM


Adakalanya kita ingin mendownload file yang besar dan tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikannya ‘sekali duduk.’

Dengan Internet Download Manager kita bisa menghentikan dan melanjutkannya di waktu yang lain. Lalu bagaimana jika kita harus melanjutkannya di komputer yang lain? Apakah IDM masih bisa diandalkan? Jawabannya: BISA.


Ada sedikit trik agar kita bisa melanjutkan download kita di komputer manapun. Yang kita perlukan adalah software Internet Download Manager (klik di sini untuk mendownload versi portable) dan pengetahuan tentang user mana yang aktif saat itu.

Setidaknya ada dua cara mengetahui user mana yang aktif.



  1. Dengan klik Start

    Pada contoh di atas, user yang aktif adalah Karya Indah.

  2. Dengan klik Start > Run > ketik “CMD” tanpa tanda kutip.
    Nanti akan muncul command prompt dengan tampilan folder yang aktif yang biasanya disertai informasi user yang aktif, misalnya pada contoh ini adalahC:\Documents and Settings\Karya Indah.


Saya mengandaikan Anda sudah menginstall Internet Download Manager dan siap digunakan.

Oh iya, ada satu lagi yang kelupaan. Pastikan Anda mengetahui “maximum connection number”. Klik kiri ikon IDM yang ada di system tray (sebelah kiri penunjuk waktu) yang berbentuk anak panah ke kanan berwarna hijau maka IDE (Integrated Development Environment) milik IDM akan muncul. Pada IDE milik IDM klik tombol Options atau pilih menu Downloads > Options. Masuk ke tab Connection.



Pada contoh di atas, maximum connection number adalah 16.
Download sebuah file. Dalam hal ini saya memberi contoh untuk mendownload program Portable Kelk 2000. Software keluaran Iran untuk membuat kaligrafi dengan khat Farisi, Naskh, dan Riq’ah. Kunjungi http://usershare.net/7s996i2niej9 kemudian klik kanan tombol DOWNLOAD lalu pilih Copy Link Location.



Klik Add URL maka otomatis kotak Address akan diisi dengan lokasi link yang kita dapatkan dari perintah “Copy Link Location” tadi.
Lalu klik OK maka akan muncul kotak dialog Download File Info. Jangan lupa ganti kotak Save As dengan mengisi nama file yang benar. Misalnya pada contoh ini file yang ada akan kita download bernama _Kelk2000ArabicPortable.rar_; ganti nama filenya dengan menghilangkan karakter “_” di depan dan karakter “_;” di belakang sehingga menjadiKelk2000ArabicPortable.rar.



Jika sudah, klik Start Download. Jika Anda tidak meng-klik Start Download pun sebenarnya IDM sedang mendownload file tersebut. Jadi fungsi Start Download hanya untuk menutup jendela Download File Info saja. Kalau ingin menunda download, Anda bisa klik Download Later yang fungsinya sama dengan mem-Pause proses download.

Kembali ke IDE milik IDM dan klik Stop. Sampai di sini Anda menghentikan proses download. Tampak di komputer saya, download berhenti pada posisi 61.66%.



Nah, sekarang buka Windows Explorer. Meluncur ke folder di mana IDM menyimpan file-file sementara selama proses download. Misalnya, di komputer saya user yang aktif adalah Karya Indah maka saya menuju ke folder

C:\Documents and Settings\Karya Indah\Application Data\IDM\DwnlData\Karya Indah

Folder di atas berisi file-file sementara selama proses download. Ganti “Karya Indah” sesuai dengan user yang aktif pada komputer Anda. Biasanya sih user yang aktif “Administrator” tapi mungkin bisa berbeda di setiap komputer.

Kemudian cari nama folder yang kira-kira mirip dengan nama file yang kita download. Karena kita mendownload Kelk2000ArabicPortable.rar maka kita cari folder yang mirip dengan nama itu, dan ditemukan folder dengan nama _Kelk2000ArabicPortable_129. NAMA FOLDER BISA BERBEDA DI KOMPUTER YANG LAIN. Buka folder tersebut dan Anda akan menemukan file-file seperti ini:



Copy semua file kecuali satu file bertipe .log. Sudahlah Anda menurut saja sama saya nggak usah bandel. Jangan tanya kenapa begini dan kenapa begitu. Hehehe... Kok saya jadi diktator gini ya.
Simpan di flash disk atau portabel storage lainnya pada folder baru dengan nama terserah.

Cukup cukup cukup! Saya sudah capek. Nggak ada yang bikinkan saya teh, menyediakan cemilan. Huhuhu... (Lho kok saya jadi ngambek ya? Aneh...). Nggak kok sodara-sodara sebangsa dan setanah air. Saya cuma pingin istirahat dulu aja. Sama mau jalan-jalan dulu nanti kita lanjutkan.


Dilanjutkan apa nggak ya? Maaf saya tidak menemukan komputer lain yang bisa digunakan untuk percobaan. Jadi maaf kalo tutorial ini nggak lengkap.

Pada komputer yang lain yang Anda gunakan untuk melanjutkan download, pastikan program Internet Download Manager terinstall. Lebih baik menggunakan yang portabel yang saya upload karena nggak perlu ribet instalasi. Tinggal pakai.

Ubah maximum connection number sesuai dengan jumlah yang kita gunakan sewaktu kita mendownload file Kelk2000ArabicPortable.rar. Dalam hal ini 16.

Sekali lagi download file Kelk2000ArabicPortable.rar di http://usershare.net/7s996i2niej9dengan langkah-langkah yang sama seperti di atas. Download kemudian Pause/Stop.

Jreng... Ini inti dari tutorial kali ini. Huf... Kalo begitu dari tadi saya Cuma basa basi dong? Enak aja! Emangnya gampang nulis tutorial kayak gini! (Ups... Maaf saya emosional. Habis saya kan nubi banget. Maaf kalo saya terkesan menggurui [dimaafin nggak!]).
Buka Windows Explorer dan meluncur ke folder berikut:

C:\Documents and Settings\Karya Indah\Application Data\IDM\DwnlData\Karya Indah

Perhatian! Ganti “Karya Indah” dengan nama user yang aktif di komputer Anda. Kalau masih nggak tahu silakan baca tutorial ini dari awal lagi. Nggak usah malu untuk mengulang pelajaran. Wokey... Sambil Anda membaca dari awal, saya mau masak dulu.


Haaiiik...... Alhamdulillah kenyang. Sorry saya makan sendiri. Habis lapar sih...

Paste file-file hasil download tadi di folder itu. File .log Anda hapus saja. Lalu Anda lanjutkan download tadi seperti biasa.

Udah cuma gitu aja kok repot. Hayo kalo ada pertanyaan nggak usah sungkan-sungkan sama saya. Saya yakin di antara pembaca ada yang lebih pintar jadi jangan pelit bagi-bagi ilmunya ya.

Ada musuh! Aku harus bertarung. Henshin! [sumber]

No comments :