| GUNAKAN SKIN YANG SEDERHANA. | <div style='background-color: none transparent;'> <a href='http://www.rsspump.com/?web_widget/rss_ticker/news_widget' title='News Widget'> News Widget </a> </div> | Selamat datang, Ahlan wa sahlan... semoga informasi yang ada di blog sederhana ini bermanfaat dan membawa berkah. Amin. Terima kasih atas kunjungannya, semoga anda tidak bosan...

Trending Topic

class="tr_bq">

PMS - Pre Mestruation Syndrome

Ini nich yang sering dialami oleh kaum wanita menjelang kedatangan tamu yang tidak diundang setiap bulannya. 7 hari (bisa lebih bisa kurang) sebelum hari-nya biasanya nech ya mood nggak enak banget, sensitif, emosi naik turun, trus semua keadaan keknya berbanding terbalik dari biasanya. Padahal kalo dirasa rasa kejadian atau hal hal yang dialami sama saja seperti hari hari biasanya. Cuma kalo sudah deket deket hari-nya semua terasa berbeda .. semua tiba tiba menjadi nggak mengasyikan, aneh dan semua rasanya NGGAK LUCU :(

Kerja jadi malas malasan, badan kerasa sakit semua, bawaannya pengen marah melulu dan kalo sudah begini temen temen langsung dech ngemeng kek gini, “dirimu lagi PMS yach” hehhhh PMS itu apaan yah ? *OON mode ON* :D
Saya cuma tau kepanjangannya, dan hanya mengartikan sesuai dengan pengertian saya saja. Bahwa PMS itu adalah hal yang sering dialami oleh wanita sebelum masa haid datang. Kemudian iseng isenglah daku mencari dan bertanya kepada Mbah Gugel yang baik hati dan selalu siap menjawab semua pertanyaanku. Hasilnya :
Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik & mental, dialami 7-10 hari menjelang menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Keluhan yang dialami bisa bervariasi dari bulan ke bulan, bisa menjadi lebih ringan ataupun lebih berat dan berupa gangguan mental (mudah tersinggung, sensitif) maupun gangguan fisik. Diperkirakan kurang lebih 85% wanita usia produktif antara usia 25-35 tahun mengalami satu atau lebih gejala dari PMS. Hanya 2-10% menunjukkan gejala PMS berat (Premenstrual Dysphoric Disoder/PMDD).
Kemudian gejala gejala yang paling jelas dirasakan (pada umumnya) sebagai berikut :
Gelaja Fisik
-Kelemahan umum (lekas letih, pegal, linu)
-Acne (jerawat)
-Nyeri pada kepala, punggung, perut bagian bawah
-Nyeri pada payudara
-Gangguan saluran cerna misalnya rasa penuh/kembung, konstipasi, diare-Perubahan nafsu makan, sering merasa lapar (food cravings)
Gejala Mental
-Mood menjadi labil (mood swings), iritabilitas (mudah tersinggung), depresi, ansietas
-Gangguan konsentrasi
-Insomnia (sulit tidur)
Gejala fisik dan mental yang terjadi pada PMS bervariasi dari ringan maupun berat. Penyebab PMS diduga melibatkan faktor hormonal, metabolisme serta akibat pola hidup yang tidak sehat terutama faktor nutrisi.
Berikut tips-tips untuk mengurangi gejala PMS :
  • Terapkan pola nutrisi yang sehat (rendah lemak dan garam, tinggi protein, vitamin dan mineral). Perbanyak porsi buah-buahan, sayur mayur, gandum yang tinggi serat. Jika diperlukan, dapat ditambahkan makanan kesehatan (food supplement) yang berupa multivitamin seperti kalsium yang dapat mengurangi rasa kram, Vitamin E untuk mengurangi rasa nyeri pada payudara, keletihan dan insomnia serta Vitamin B6 untuk mengatasi keletihan, iritabilitas dan mood swings.
  • Hindari makanan dengan kadar garam tinggi, makanan manis, kafein, alcohol.
  • Selalu melakukan olahraga rutin.
  • Tidur cukup minimal 8 jam/hari.
  • Hindari rokok.
  • Hindari stress berkepanjangan.
  • Terapi relaksasi (hipnoterapi, terapi warna, meditasi, aromaterapi dsb).
So …. ladies selamat menjalankan tips tipsnya :D

No comments :